Kamis, 25 September 2014

Negara China Terdapat Trotoar Pengguna Ponsel


Teknologi memiliki dampak positif dan negatif. Selain dapat membantu manusia terkoneksi dengan manusia lainnya di bumi, teknologi juga mampu membuat manusia kecanduan. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh manusia, yang tidak bisa lepas dari teknologi, seperti penggunaan ponsel.

SMS sambil berjalan sama berbahayanya dengan SMS sambil mengemudi, hal ini ditunjukan dari sebuah studi yang dilakukan pada akhir tahun 2012 lalu. Dan di Negara ini mempunyai solusi yang unik untuk hal ini.
Dilansir dari CNN, Jumat (19/9/2014) jalan khususnya ada di trotoar di dalam kawasan taman rekreasi Yangren Jie, Kota Chongqing. Di atas jalannya diberi pembatas dengan cat putih dan bertuliskan, “Cellphones Walk In This Line At Your Own Risk”.



Panjang jalannya mencapai 50 meter dan lebar 3 meter. Sedangkan di sebelahnya, terdapat jalanan dengan tulisan 'No Cellphone' yang artinya tak boleh menggunakan ponsel saat berjalan kaki.

Long Cheng, juru bicara dari tim pembuat jalan khusus bagi pengguna ponsel tersebut mengatakan, hal ini adalah salah satu upaya mengingatkan turis atau masyarakat lokal untuk tidak bermain ponsel saat berjalan kaki. Sebab, bisa saja mereka menabrak orang lain dan yang paling parah bisa tertabrak kendaraan yang melintas karena sibuk main ponsel.

"Bermain ponsel sambil berjalan kaki itu berbahaya," kata Cheng.

Oleh sebab itu, dibuatlah jalan khusus ini bagi orang-orang yang tak bisa lepas dari ponsel. Mereka bisa jalan lebih lama di sana sembari mengutak-atik gadget miliknya.

 
Jalan khusus bagi pemakai ponsel ini ternyata yang pertama di China. Cheng berujar, timnya belum punya rencana untuk membuat jalan khusus tersebut di berbagai kota di China.

Jalan khusus bagi pemakai ponsel sudah mencuri perhatian turis di Chongqing untuk memotretnya atau bergaya di jalanannya. Tak bisa buru-buru ya kalau sedang berjalan di sana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar