'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada
awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra
penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak
rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai
menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau
melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang
operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut
melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau
sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Sejarah Multimedia
- Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
- Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
- Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
- Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
- Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
Pengertian multimedia
- Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
- Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
1.Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
2.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
4. Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
1.Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
2.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
4. Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“ Multimedia adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar
bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi “
Kelebihan Multimedia
Dari
berbagai media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri
yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi
lainya. Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan.
Lembaga
riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR)
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan
30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 % dari yang dilihat
dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan
sekaligus.
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll)
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll)
Mendeskripsikan tentang
multimedia
Multimedia (multi = Banyak;
media = medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi)
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat
ber([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan
dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia Game.
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat
ber([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan
dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri.
Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Perkembangan teknologi
Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang industri, yaitu:
Industri komputer.
Industri telekomunikasi
(telecommunication)
Industri penyiaran (broadcasing)
Komponen Multimedia
Ciri-ciri umum Sistem Komputer
Multimedia
Ciri ini akan membedakan antara
video dan televisi yang juga mengandungi gabungan teks, suara, animasi,
musik dan klip video
Ciri-ciri umum Sistem Komputer
Multimedia
Mempunyai kemampuan untuk merubah
Informasi dari analog seperti suara, musik dan video ke bentuk digital dan
sebaliknya.
Interaktif yaitu pengguna bisa
berkomunikasi walaupun tidak secara langsung. dengan data-data multimedia
Empat Sifat Penting Produk
Multimedia
1.Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang
dilihat dan didengar oleh pemakai
2.Links, yang menghubungkan dengan informasi
3.Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk
menjelajahi informasi yang ditampilkan
4.cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan
informasi dan ide pemakai
• Keunggulan multimedia :
1. Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya
ingat
2. Media alternatif dalam
penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3. Meningkatkan kualitas
penyampaian informasi
4. Interaktif
• Kelemahan multimedia :
1. Design yang buruk menyebabkan
kebingungan dan kebosanan pesan tidak
tersampaikan dengan baik
2. Kendala bagi orang dengan
kemampuan terbatas / cacat / disable
3. Tuntutan terhadap spesifikasi
komputer yang memadai
Multimedia Content Production
Faktor-faktor Produksi
multimedia antara lain:
Media teks
Menggunakan teks sebagai media
dalam content production merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali
peradaban manusia yang di mulai dengan bentuk symbol kemudian berkembang dengan
bentuk teks.
Media audio
Teknologi canggih, filter suara,
echo . selain dengan menggunakan hardware saat ini banyak soft ware untuk
mengolah suara menjadi file suara digital dalam berbagai format
Dua aspek krusial untuk
mempersiapkan file audio digital :
Menyeleraskan kebutuhan kualitas
suara dalam sumber daya RAM dan hardisk
Menyetel level recording yang
sesuai untuk mendapatkan recording yang bersih dan bagus
Media video
Video merupakan elemen
multimedia yang dapat menggambarkan pesan yang ingin disampaikan melalui
gambar, video digital merupakan bagian
penting dari multimedia yang paling memikat dan merupakan piranti powerfull
yang membuat pengguna computer lebih dekat ke dunia nyata.
Beberapa pertimbangan untuk
membuat produksi Video digital :
Komputer dengan koneksi fire
Wire (IEEE 1394 atau iLink) dan kabel
Processor yang cepat
RAM yang besar kapasitasnya
Kapasitas hardisk harus besar
Tampilkan kedua kalinya untuk lebih
memastikan perangkat lunak editing.
Mixer audio untuk mengatur
output suara dari camcorder, Pem-bicara eksternal
Perangkat Lunak editing non
linier (NLE)
Media animasi.
Animasi merupakan perubahan
visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada pryoyek multimedia.
Teknik Animasi antara lain :
Identifikasi aktifitas yang akan
ditampilkan, jika terlalu komplek dapat dibuat dengan skrips tertulis dengan
daftar aktifitas dan obyek yang diperlukan
Buatlah storyboard untuk
memvisualisasikan animasi
Pilih piranti animasi yang
sesuai dengan pekerjaan tersebut.
Kembangkan urutannya, meliputi
penciptaan obyek, teksture permukaan, menambah cahaya, bereksperimen dengan
effek cahaya, memposisikan kamera.
Melakukan rendering khusus dan
menambah effek suara
Media grafis/ citra.
Produk content media grafis/
citra adalah identik dengan tampilan 2 dimensi bisa berbentuk gambar ataupun
teks.
Grafis bersifat graf, bersifat
huruf, dilambangkan dengan huruf.
Bersifat matematika, statistika,
wujud titik-titik garis-garis atau bidang-bidang yang secara visual dapat
menjelaskan hubungan yang ingin disajikan.
Media interaktif
Bekembang pesatnya produksi CD
pembelajaran yang menyajikan proses pembelajaran secara mandiri sampai pada
evaluasi hasil pembelajaran, media ini
disebut juga dengan istilah e-learning selain dikemas dalam bentuk CD tetapi
dapat disajikan melalui media internet yaitu pada Web
Media efek khusus
Menampilkan suatu gambar untuk lebih hidup kadangkala dibutuhkan effek khusus sebagai back sound
sesuai dengan makna gambar yang ditampilkan. Demikaian halnya Gambar dan video.
Yang termasuk dalam kategori
software aplikasi pembuat effek khusus adalah :
Adobe
Show Biz DVD
WinDVD Creater
Element Premier
Pinnacle Studio Plus
After Effect
Ulead Video Studio
Nero Ultra Edition
Power Director
Easy Media Creator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar