Jumat, 14 November 2014

Tanda Stroke, Suka Senyum dengan Bibir Miring


Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang membutuhkan penanganan medis secepat mungkin. Serang stroke ini terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang membawa darah ke otak atau pecahnya pembuluh darah (pendarahan).
Jika stroke terlambat ditangani akan menyebabkan penderitanya mengalami cacat permanen bahkan berakhir meregang nyawa.
Namun menurut Fandy Susatia, dokter spesialis sarah RS Siloam Kebon Jeruk, stroke dapat dikenali dengan cara sederhana yakni SeGeRe atau senyum, gerak dan bicara. Ajaklah seseorang tersenyum, jika ia memiringkan bibirnya ketika tersenyum atau tidak simetris bisa saja ia berpotensi terkena stroke.
Sedangkan gerak dapat dikenali dengan mengangkat kedua tangan bersamaan ke arah depan sejajar dengan bahu. Kemudian putar posisi lengan dengan telapak tangan bawah menghadap ke atas. Penderita stroke biasanya merasa kesulitan untuk melakukan gerakan ini.
Kemudian metode bicara, yakni saat berbicara satu kalimat, kedengarannya terasa pelo. Jika mengenali tiga gejala ini segera menghubungi rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
Gejala lain jika seseorang sudah terserang stroke akan mengalami sakit kepala hebat, penglihatan ganda, penurunan penglihatan, rasa baal pada satu sisi kaki atau tangan, susah menelah, kehilangan keseimbangan, dan hilang kesadaran atau koma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar